Halaman

Minggu, 23 September 2012

Artikel Tentang Penerapan IT Dalam Kehidupan Sehari-hari

Artikel Tentang Penerapan IT Dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilmu IT sangat berperan sekali dalam kemajuan suatu negara. Seperti adanya sebutan Negara maju dan Negara berkembang. Negara maju itu mendapatkan pendapatan dari sektor industri yang dilengkapi oleh teknologi yang muktahir. Sedangkan Negara berkembang itu mendapatkan pendapatan terbesar dari sektor agraris ataupun pertanian. Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari sebuah kemajuan ilmu IT (Teknologi Informasi) ini. Dari segi peningkatan kualitas hidup yang menuntut kita untuk melakukan berbagai macam kegiatan dimana membutuhkan pengoptimalan sumber daya yang dimiliki. Teknologi Informasi (IT) yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan kita untuk menggunakannya dalam segala kegiatan. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi (IT) diantaranya dijumpai dalam Dunia Pendidikan, Perbankan, Komunikasi dan Kesehatan.
Dunia Pendidikan merupakan Gudang dari segala ilmu pengetahuan. Peran Teknologi Informasi (IT) dalam kemajuan Pendidikan sangat penting. Dengan adanya peran Teknologi Informasi ini semua informasi yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan dapat dengan cepat didapat. Misalkan dengan adanya Internet, dapat digunakan untuk mengirim data dari satu sekolah ke sekolah lain. Adapula dengan adanya Internet dapat memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik. Dengan adanya penerapan Teknologi Informasi (IT) kegiatan belajar mengajar yang dilakukan disekolah-sekolah semakin baik, Karena semua siswa dapat belajar tidak hanya yang didapat dari sekolahan saja melainkan dapat mengakses segala materi dari Internet sebagai perwujudan penerapan Teknologi Informasi (IT) di sekolah.
Didalam dunia Perbankan, penerapan peran Teknologi Informasi (IT) dapat dilihat dengan adanya disetiap daerah atau wilayah tempat Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Dengan adanya ATM ini mempermudah seseorang untuk mengakses segala tabungan yang dimiliki baik ingin transfer ataupun mengambil uang tunai tanpa harus datang langsung ke Bank yang bersangkutan selama waktu 24 jam non-stop. Peran Teknologi Informasi (IT) ini pun digunakan juga sebagai sistem Bank untuk dijadikan laporan yang terinci dari segala transaksi para nasabahnya dan juga untuk segi keamanan Bank tersebut. Melihat kemajuan teknologi sekarang ini, sehingga adanya pelayanan Bank yang berbasis Internet yaitu Internet Banking yang dapat melakukan berbagai macam transaksi diantaranya transfer uang, pengecekan saldo, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
Penerapan Teknologi Informasi (IT) di dunia Komunikasi jelas adanya. Kita dapat melihat berbagai macam Telephone seluler (HP) yang sudah banyak ada dengan berbagai macam Merk terkemuka diantaranya Nokia, Sony Ericcson dan macam-macam lainnya. Dengan kemajuan didalamnya kita dapat mengakses berbagai macam fitur-fitur baik Jejaring Sosial, Video Stream, Musik yang dapat menghubungkan semua informasi yang ada didunia hanya dalam satu genggaman Handphone.
Terakhir Penerapan Teknologi Informasi (IT) di dunia Medis atau Kesehatan. Tanpa adanya penggunaan teknologi dalam dunia kesehatan maka akan terjadi kegagalan yang tidak diinginkan. Bagaimana bisa apabila kita sedang mengoperasi jantung tanpa adanya alat teknologi yang canggih, pasti akan terjadi kegagalan dalam operasi itu. Penerapan lainnya untuk melihat isi tubuh dengan X-ray, ini merupakan sebuah alat berteknologi canggih sebagai penerapan Teknologi Informasi (IT) di dunia Kesehatan. Demikian tulisan ini dibuat sebagai dasar pemikiran saya terhadap Penerapan IT Dalam Kehidupan Sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar