Halaman

Sabtu, 06 Oktober 2012

Dua Pilihan Aplikasi Monitoring Kecepatan Internet di Komputer Windows


Bagi Anda yang menggunakan modem USB, monitoring kecepatan internet memang sudah ada dalam aplikasi modem tersebut. Namun tidak halnya jika Anda menggunakan layanan internet broadband seperti dari Telkom atau sejenisnya.
Untuk itu, Anda memerlukan sebuah aplikasi monitoring yang bisa memperlihatkan kecepatan akses internet Anda, apalagi jika paket internet yang Anda gunakan adalah paket internet terbatas. Terdapat dua pilihan aplikasi monitoring kecepatan akses internet untuk komputer Windows yang bisa Anda gunakan, yakni NetWorx dan Freemeter.
NetWorx
Aplikasi yang pertama ini merupakan sebuah aplikasi gratis dengan ukuran file yang tidak terlalu besar, yakni 3.1MB. Aplikasi ini pun bisa digunakan untuk melihat traffic internet Anda. Selain itu, Anda juga bisa melihat jika ada permasalahan dalam jaringan dengan aplikasi ini.
NetWorx memiliki fitur yang bisa menunjukkan kecepatan internet Anda secara aktual. Selain itu, ANda juga bisa melihat konsumsi data internet Anda per bulan, minggu, hari ataupun dalam periode waktu tertentu. Tampilannya pun dibuat secara menarik dengan bentuk grafik. Aplikasi monitoring ini juga memiliki tool seperti Trace Route dan Ping yang membantu Anda untuk mendeteksi jika ada permasalahan jaringan.
Freemeter
Aplikasi yang satu ini memiliki ukuran file yang jauh lebih kecil. Freemeter hanya mempunyai ukuran file sebesar 120KB dan bisa dijalankan secara portabel dan tidak memerlukan langkah instalasi. Seperti halnya NetWorx, Freemeter ini juga akan menampilkan kecepatan internet Anda dalam bentuk grafik. Selain itu, terdapat pula fitur seperti Tracer Route dan Ping.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar