Halaman

Minggu, 23 Desember 2012

Mandala Targetkan Operasikan 25 Pesawat pada 2015

TEMPO.CO, Tangerang - Maskapai penerbangan Mandala berencana mengoperasikan 13-15 pesawat A320 Aircraft pada 2013. Mereka juga menargetkan untuk mengoperasikan 25 pesawat pada 2015.
»Kami ingin lebih agresif dan ambisius dalam menjalankan bisnis maskapai penerbangan berbiaya murah,” kata Presiden Direktur Mandala, Paul Rombek, saat ditemui di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Senin, 17 Desember 2012. Hal itu dilakukan demi mengembalikan nama besar Mandala di masyarakat dan mendapatkan kembali konsumennya setelah beberapa lama tidak terbang.
Agenda pengadaaan peasawat paling dekat, kata Rombeek, adalah pada awal Januari 2013. Ia mengatakan Mandala dan produsen pesawat terbang, Airbus, telah menyepakati pembelian tunai satu pesawat tipe A320 Aircraft dengan dana investasi sekitar US$ 50 juta.
»Seluruh pesawat A320 Aircraft yang kami miliki saat ini memang dibeli tunai oleh perusahaan,” kata Direktur Komersial Mandala, Barata Rafly, pada kesempatan yang sama.
Walaupun demikian, kata dia, tetap ada kemungkinan bagi Mandala untuk membeli tipe pesawat lain dengan skema pembelian yang berbeda dari saat ini. »Hal itu sangat bergantung pada kesepakatan pemegang saham dan investor perusahaan,” kata dia.
Dengan penambahan satu pesawat A320 Aircraft tersebut, Mandala akan memiliki enam pesawat tipe yang sama pada awal Januari 2013. Saat ini, Mandala memiliki dan mengoperasikan empat pesawat tipe A320 Aircraft. Satu A320 Aircraft juga baru tiba di Jakarta dari Toulouse, Prancis, di Jakarta dan akan mulai dioperasikan pada 4 Januari mendatang.
»Kami ingin tumbuh dengan agresif dengan menambah pesawat baru dan membuka berbagai rute domestik dan internasional,” kata Barata. Mandala telah didukung penuh oleh partner usahanya, Tiger Airways, yang merupakan anak usaha maskapai internasional Singapura Airlines, untuk memasarkan tiket dan mengkoneksikan penerbangan dari Indonesia menuju berbagai rute penerbangan internasional.
Barata menjelaskan, penambahan jumlah maskapai tersebut membuat Mandala mampu berekspansi ke berbagai rute baru. Setidaknya, 10 rute baru telah disiapkan Mandala pada 2013, seiring dengan penambahan jumlah pesawat baru. Sedangkan saat ini Mandala telah melayani 45 rute penerbangan domestik dan internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar