Halaman

Jumat, 07 Desember 2012

Perbandingan Browser : Firefox, Chrome, Opera dan Internet Explore



Firefox terbaru sudah dapat kamu download dan gunakan. Opera 12 pun sudah bisa kamu download disini, Google Chrome juga sudah merilis versi terbarunya, tidak ketinggalan Internet Explorer milik Microsoft yang menjadi browser default bagi pengguna sistem operasi Windows. Keempat browser terpopuler ini terus berlomba untuk menjadi yang tercepat dan terbaik.
Keunggulan browser tidak dinilai dari kecepatannya saja. Ada banyak factor lain yang digunakan untuk membandingkan perambah mana yang paling unggul saat ini. perlu diingat, factor koneksi dan spesifikasi komputer juga berpengaruh ketika melakukan perbandingan antar browser.
Berikut hasil perbandingan antara 4 browser populer untuk sistem operasi Windows.
Cold Boot Up
Pemenang untuk browser dengan Boot Up paling cepat adalah Opera. Boot Up adalah waktu yang diperlukan untuk dapat mengoperasikan browser dari pertama kali aplikasi dibuka. Opera memenangkan pertandingan disini, disusul dengan Chrome dan browser lainnya.
Winner : Opera

Tab Loading
Tab loading berarti waktu yang diperlukan oleh browser untuk membuka beberapa tab secara bersamaan. Pada tes ini, keempat browser membuka 9 tab secara bersamaan dan Firefox merupakan browser tercepat di antara yang lain. Sementara Opera sedikit lambat dan kecepatan Chrome menurun drastis.
Winner : Firefox




URL Loading
Chrome menjadi juara untuk yang satu ini. Sementara browser lain juga tidak memakan waktu lama untuk membuka halaman website yang pernah dikunjungi sebelumnya, Chrome benar – benar dapat membukanya secara instan. Opera benar -  benar kewalahan untuk yang satu ini.
Winner : Chrome
 
Cold Restore
Cold restore berarti membuka kembali tab yang dibuka sebelumnya saat pertama kali membuka browser. Biasanya ini dilakukan ketika kamu menyimpan data tab terakhir yang dibuka untuk sesi berikutnya. Pada tes kali ini, keempat browser membuka 9 tab yang disimpan pada sesi sebelumnya secara bersamaan. Untuk yang satu ini, Opera berhasil menjadi yang tercepat, sementara Chrome benar – benar menjadi lambat.
Winner : Opera


JavaScript
Chrome menang dengan mudah untuk performa JavaScript. Firefox berada di tempat kedua, disusul dengan browser lainnya.
Winner : Chrome


Performa DOM/ CSS
Opera jauh mengungguli browser lainnya dalam hal performa CSS.
Winner : Opera
 
Penggunaan Memori (9 tab)
Firefox terus mengembangkan kemampuannya untuk mengurangi pemakaian memori, sehingga pada pertandingan yang satu ini, Firefox keluar sebagai pemenang.
Winner : Firefox

 


Nilai Keseluruhan
Rasanya sulit juga menentukan browser mana yang ‘paling’ bagus karena persaingan juga terasa amat ketat. Namun untuk nilai keseluruhan, sepertinya kita bisa memberi nilai sebagai berikut :
  1. Firefox : 81%
  2. Opera : 68%
  3. Chrome : 62%
  4. Internet Explorer : 41%

Perlu diingat, masing – masing browser memiliki keunggulan di bidang tertentu. Dan untuk menentukan mana yang ‘terbaik’ untukmu, kamu bisa memulai dengan melihat keunggulan di bidang yang kamu perlukan. Apakah kamu memerlukan Cold Boot yang cepat? Atau kamu ingin membuka banyak tab secara bersamaan? Atau kamu ingin browser dengan performa CSS yang tinggi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar